Pekan Kreativitas Elektro (PKE) 2019

A.    PENDAHULUAN          
Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang melimpah.Indonesia memiliki kekuatan Maritim yang besar.Indonesia dijepit oleh 3 lautan besar. Di sisi timur, Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik, di sisi selatan Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan di sisi utara Indonesia berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Dari 7,7 juta km persegi luas wilayah Indonesia, 80% atau 5,8 juta km persegi bagiannya adalah laut, terdiri dari 17.500 pulau da n garis pantai sepanjang 81.000 km terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Oleh sebab itu, laut menjadi basis utama pengembangan perekonomian nasional. Pengelolaan sumber daya laut di Indonesia bisa membawa keuntungan yang besar sepanjang digunakan dan dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat UUD 1945 pasal 33 ayat 3. Salah satunya pemanfaatan energi yang ada di laut sebagai alternatif untuk menghasilkan energi listrik khususnya di daerah kepulauan.
Saat ini Indonesia terbagi atas 34 provinsi. Layaknya suatu tubuh, daerah otonomi provinsi merupakan batang tubuh yang memiliki fungsi utama di Indonesia.Saat ini pembangunan di tingkat provinsi memang sangat tergantung dengan produksi sumber daya alam (SDA) khususnya migas. Peran pemerintah provinsi dalam mengatur kebijakan mengenai pemanfaatan energi baru terbarukan khususnya energi arus laut untuk menghasilkan energi listrik harus lebih diperhatikan karena listrik merupakan sarana utama yang menopang perekonomian. Hal tersebut dinilai bisa menggerakkan perekonomian karena SDA migas ada titik jenuhnya.
Dimaluku utara sendiri, pemanfaatan energi terbarukan dari sektor kelautan belum di sentuh. Dari energi terbarukan sektor panas bumi juga belum digunakan. Pemanfaatan energi terbarukan yang baru digunakan yaitu sel surya, energi PLTMH, dan energi angin. Hal ini dikarenakan ketersediaan akan SDM masih sangat minim untuk mengelolah potensi energi terbarukan di maluku utara sendiri.
B.   NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini yaitu “PEKAN KREATIVITAS ELEKTRO 2019 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE”.

C.   TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini yaitu “ MENERAPKAN PENGETAHUAN SERTA PENGABDIAN TERHADAP MASYARAKAT UNTUK MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DI MALUKU UTARA “.

D.    Tujuan dan Target Kegiatan
a.  Tujuan kegiatan
1.      Wadah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat pendidikan khususnya siswa/mahasiswa dalam memanfaat energi terbaharukan yang ada di maluku utara.
2.      Melahirkan dan menciptakan karya dan prestasi IPTEK dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi
3.      Wadah untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan teknologi informasi (TI)       
4.      Ajang kreatifitas sumber daya khususnya pelajar dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi informasi
5.      Instansi pemerintah dan swasta dalam rangka pengembangan teknologi informasi (TI), wadah silaturahmi dan kerjasama antara Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas khairun.

b. Target Kegiatan
1.    Turut serta secara aktif dalam mengenbangkan Teknologi Informasil.
2.    Menetapkan wawasan profesional dalam pola pikir, pola sikap pada pegembangan Teknologi Informasi sehingga menjadi mahasiswa yang kreatif,
3.    Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi, membantu masyarakat dalam Pengembangan dan manfaat Teknologi Informasi.
4.    Mengembangkan kamampuan ilmiah dan bakat sehingga dapat di aktualisasikan.
5.    Merumuskan kerangka enggineering yang profesional sebagai manifestasi dan tanggung jawab calon tenaga teknik yang kompetitif.

E.     KOMPOSISI PANITIA
(Dapat Dilihat Pada Lampiran I)

F.     ANGGARAN KEGIATAN
Anggaran biaya pelaksanaan kegiatan PEKAN KREATIFITAS ELEKTRO, yang dibutuhkan sebesar RP.88.035.000-, ( Delapan puluh delapan juta, tiga puluh lima ribu rupiah), dengan rincian  sebagaimana terlampir.  (Dapat Dilihat Pada Lampiran II)

G.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan PEKAN KREATIVITAS ELEKTRO (PKE) 2019 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE Di laksanakan pada:
Tanggal    : 25 – 30 November 2019
Waktu     : (Dapat Dilihat Pada Lampiran III)
Tempat   : Kec. Jailolo, Kab Halmahera Barat

H.    PESERTA KEGIATAN
Adapun Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh SMA/SMK sederajat di Kabupaten Halmahera Barat (Kec. Jailolo) yang mempunyai bakat di bidang Elecrikal serta Instansi Pemerintah dan Perusahan Pendukung Teknologi.
Logo Pekan Kreatifitas Elektro



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Khairun

KOMPOSISI PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRO (HME) PERIODE 2020 – 2021

Lomba Cerdas Cermat Komputer Tingkat SMA/SMK Sederajat